Liverpool Gagal Juara Liga Inggris Walau Kalahkan Wolverhampton 3-1

Liverpool – Liverpool tidak berhasil juara Liga Inggris 2021/2022 dan jadi runner-up di bawah Manchester City. The Reds pada pekan paling akhir menundukkan Wolverhampton Wanderers 3-1. Pada laga pekan ke-38 di Anfield, hari Minggu (22/5/2022) malam WIB, Liverpool ketinggalan lebih dulu di awal pertandingan karena gol Pedro Neto. Sadio Mane menyamai skor di babak pertama.

Di lima menit paling akhir pertandingan, Liverpool kembali pimpin 3-1 melalui beberapa gol Mohamed Salah dan Andy Robertson. Walau menang 3-1, Liverpool harus senang finish runner-up dengan 92 poin, kalah satu poin dari Manchester City yang menjadi juara dengan 93 poin. Wolverhampton ada di posisi kesepuluh dengan 51 poin.

Jalannya Laga Babak Pertama Liverpool vs Wolverhampton

Liverpool yang perlu kemenangannya pada Wolves justru harus terkejut melalui gol kilat team tamu pada menit ketiga. Bola panjang Jose Sa tidak berhasil disapu Ibrahima Konate dan Raul Jimenez bisa lolos dari perangkap offside. Jimenez secara mudah masuk ke kotak penalti Liverpool saat sebelum mengirim umpan ambil, yang dicocor Pedro Neto ke gawang Alisson Becker.

Wolverhampton unggul lebih dulu melalui gol Pedro Neto Photo: Getty Images/Alex Livesey
Satu menit sesudah kecolongan, Liverpool punyai peluang untuk membikin gol melalui sundulan Joel Matip melanjutkan crossing Luis Diaz melebar. Pada menit kesepuluh, Diaz ada bebas di kotak penalti dan tembak pada kondisi satu musuh satu, tetapi bola dapat diadang Jose Sa.

Liverpool terus tekan pertahanan Wolves untuk cari gol penyama posisi, tetapi belum menjumpai hasil. Wolves justru hampir buat gol lagi pada menit ke-18 dari Leandro Dendoncker, walau bidikannya melebar. Liverpool pada akhirnya dapat menyamai skor pada menit ke-24 melalui Sadio Mane. Konate memberi bola ke Thiago langsung mengirimkan ke Mane yang bisa lolos dari offside.

Mane masuk ke kotak penalti saat sebelum tembak kuat ke pojok gawang, tidak dapat ditepis Jose Sa. Gol itu membuat Liverpool semakin semangat tekan Wolves. Beberapa kesempatan didapatkan oleh Robertson, Mane, dan Diaz, yang dapat ditangkap barisan belakang team tamu dan Jose Sa.

Wolves membuat simpatisan Liverpool berdebar-debar saat Jonny memberi operan terobosan yang sukses kepada Hwang. Bisa lolos dari kawalan pemain belakang, Hwang tinggal bertemu dengan Alisson. Akan tetapi, Alisson masih bisa menghalau bola tersebut. Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama usai. Untuk saat ini, City masih kuasai pucuk klasemen Liga Inggris dengan keunggulan beda gol atas Liverpool.

Babak Kedua Liverpool vs Wolverhampton

Setelah babak kedua berjalan, Liverpool menarik keluar Thiago yang cidera dan James Milner masuk menggantikannya. Sementara Wolves menukar Jose Sa yang cidera dengan John Ruddy. Liverpool sempat menjebol gawang Ruddy pada menit ke-50 melalui Mane yang melanjutkan umpan masak Jota, namun wasit membatalkan gol tersebut karena terjerat offside.

Tiga menit selanjutnya terjadi ketegangan di kotak penalti Wolves saat Mane jatuh. Bola liar disikat Jota tetapi dapat diblok pemain. Trent Alexander-Arnold melepas tembakan keras pada menit ke-64 di luar kotak penalti, John Ruddy sekalian nerbang menepiskannya. Liverpool kesusahan untuk tembus pertahanan Wolves walau telah mainkan Roberto Firmino.

Wolves hampir membobol gawang Liverpool melalui Hwang yang bebas berdiri untuk menembak. Akan tetapi, Alisson masih dapat menghalau bola. Laga masuk 15 menit paling akhir, pertahanan wolves yang begitu rapat membuat frustasi Liverpool. Pada menit ke-80, Wolves nyaris membuat gol lagi saat Dendoncker mendapatkan bola dari Jimenez. Alisson dapat menepiskan bidikannya.

Salah, pemain Mesir itu bawa Liverpool kembali pimpin 2-1 pada menit ke-84. Dimulai korner yang disundul Matip, kemudian bola disapu Jimenez di garis gawang. Matip memenangkan bola muntah dan Salah mencocornya dari pojok sempit. Liverpool membesarkan keunggulan jadi 3-1 pada menit ke-88 saat Robertson mencocor bola umpan pendek Firmino. Skor itu bertahan sampai pertandingan setelah dan Liverpool tidak berhasil juara Liga Inggris karena ketika bertepatan Man City menang 3-2 atas Aston Villa.

Susunan Pemain Liverpool vs Wolverhampton

Liverpool: Alisson; T. Alexander-Arnold, J. Matip, I. Konate, A. Robertson; N. Keita (R. Firmino 70′), J. Henderson, T. Alcantara (J. Milner 45′); D. Jota (M. Salah 58′), S. Mane, L. Diaz.

Wolverhampton: J. Sa (J. Ruddy 45′); W. Boly, C. Coady, T. Gomes; J. Otto, L. Dendoncker (Trincao 90′), R. Neves, J. Moutinho, R. Ait Nouri; P. Neto (H. Hee-chan 24′), R. Jimenez.

Postingan Terkait
Leave a Comment