Kalah Laga Semifinal Playoff, Italia Gagal ke Piala Dunia 2022

Belum genap setahun Italia berpesta usai menjadi juara Piala Eropa 2020, Kini Italia harus menerima kegagalan lolos ke Piala Dunia 2022. Juara Eropa tersebut harus tersingkir pada laga semifinal play-off setelah kalah dari Makedonia Utara. Laga play-off Piala Dunia 2022 Italia vs Makedonia Utara berlangsung di Renzo Barbera, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB. Italia waktu itu sudah tampil dominan sejak awal pertandingan.
Namun, Gli Azzurri ternyata gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang ada. Skuad Roberto Mancini itu harus rela kalah 0-1 akibat gol pada masa injury time. Sebaliknya, Makedonia Utara berhasil mencetak satu-satunya gol lewat tendangan Aleksandar Trajkovski di injury time yang membuat Italia harus tertunduk malu di hadapan pendukungnya sendiri di Stadio Renzo Berbera
Dengan demikian, Italia tidak akan tampil pada Piala Dunia 2022 Qatar pada November mendatang. Ini menjadi catatan bahwa Italia sudah 2 kali kedua beruntun harus absen di Piala Dunia. Sebelumnya, mereka juga harus absen pada tahun 2018 lalu. Saat itu, Gli Azzurri masih berada di bawah asuhan Gian Piero Ventura. Mereka kalah dari Swedia di babak play-off.

Nasib Tragis Italia Absen 2 Kali Beruntun di Piala Dunia

Pada Piala Eropa 2020 lalu, mereka berhasil juara setelah dua kali menang lewat adu penalti, pertama melawan Spanyol di semifinal dan melawan Inggris di final. Italia memang memiliki nasib beruntung. Mereka bisa saja tersingkir jika saat melawan Austria di babak 16 besar, di mana mereka bisa menang 2-1 lewat babak tambahan. Skuad asuhan Mancini ini sempat tak terkalahkan di 37 pertandingan. Mereka bahkan bisa melewati fase grup Piala Eropa 2020 dengan sempurna, tanpa kebobolan sekalipun, dan bisa terus melaju hingga menjadi juaranya.
Namun, setelah juara Euro 2020, nasib Italia menjadi terbalik. Gli Azzurri hanya menang sekali saat Lithuania dan imbang empat kali saat melawan Swiss (dua kali), Bulgaria, dan Irlandia Utara pada lima laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 mereka. Menambah catatan lebih buruk mereka, dalam lima laga tersebut mereka hanya mencetak tujuh gol. Lima gol dicetak ke gawang Lithuania dalam satu laga. Namun pada empat laga lainnya, mereka hanya berhasil mencetak total dua gol saja.
Jorginho menyesali kegagalan dua penaltinya saat melawan Swiss pada fase grup kualifikasi lalu. Kegagalan inilah yang pada akhirnya membuat mereka finis di posisi kedua grup C dan harus ikut play-off. Posisi pertama grup C diraih oleh Swiss.
Sementara itu, Makedonia Utara yang menang pada laga ini akan berhadapan dengan Portugal. Portugal berhasil menang telak 3-1 atas Turki pada semifinal play-off. Dengan Absennya Italia, tentu saja akan membuat atmosfer di Piala Dunia 2022 terasa sedikit berbeda. Namun, dengan absennya Italia, negara-negara unggulan lainnya bisa memiliki peluang juara lebih besar. Sebut saja ada Inggris, yang dimana pernah kalah melawan Italia pada  final Piala Eropa 2020 lalu, memiliki peluang tinggi meraih juara pada Piala Dunia 2022 mendatang.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Italia sudah tampil dominan sejak menit awal. Walaupun mendominasi pertandingan, tuan rumah mengalami kesulitan dalam membongkar pertahanan Makedonia Utara. Italia berhasil mendapat peluang pada menit ke-30. Kiper Makedonia Utara, Stole Dimitrievski sempat melakukan kesalahan dengan memberikan bola kepada Domenico Berardi. Namun tendangan dari Berardi tidak cukup keras sehingga Dimitrievski bisa menghentikan bola tersebut.
Kemudian ada Marco Verratti yang menyodorkan bola kepada Ciro Immobile kemudian meneruskannya ke gawang melalui tembakan kaki kiri. Namun, Dimitrievski masih bisa menepisnya. Peluang berikutnya datang dari Lorenzo Insigne yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa ditepis oleh Dimitrievski dan hanya menghasilkan sepak pojok saja bagi Italia.
Kemudian ada peluang lainnya dari Umpan Emerson yang diteruskan oleh Verratti namun bola masih bisa diblok oleh pemain Makedonia Utara. Bola muntah tersebut disambar oleh Immobile, tapi upayanya mencetak gol tersebut melebar dari gawang.
Makedonia Utara sendiri juga bukan tanpa adanya peluang. Bardi berhasil memberikan umpan terobosan kepada Trajkovski dan kemudian melepaskan tembakan ke gawang. Namun, Bola masih bisa ditepis oleh kiper Italia, Donnarumma.

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Italia juga masih kerap kesulitan dalam membongkar pertahanan Makedonia Utara. Beberapa usaha ekstra dari Italia kerap kali berhasil dipatahkan oleh pertahanan tim tamu.
Berardi sempat mendapat sejumlah peluang, tapi tidak ada satupun yang berujung gol. Tembakannya setelah berhasil melakukan tusukan dari kanan kearah gawang masih berhasil ditepis oleh kiper Makedonia Utara. Kemudian Musliu yang melakukan kesalahan dan setelah itu Berardi berhasil mendapat peluang usai menerima bola dari Verratti. Namun tendangan Berardi masih melambung di atas mistar gawang. Peluang Berardi lainnya yakni datang dari umpan bola Verratti. Namun tendangan jarak dekat darinya kali ini juga berhasil diblok oleh Musliu.
Tim tamu Makedonia Utara berhasil merebut kemenangan dengan mencetak gol di injury time. Berawal dari tendangan gawang, pemain Makedonia Utara berhasil memenangi duel udara di lapangan tengah dan bola berhasil jatuh ke kaki Trajkovski. Trajkovski kemudian mencetak gol dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang gagal dihalau oleh Donnarumma.

Susunan Pemain

Italia: Gianluigi Donnarumma, Alessandro Florenzi, Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini, Emerson, Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti, Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne
Makedonia Utara: Stole Dimitrievski, Stefan Ristovski, Darko Velkoski, Visar Musliu, Ezgjan Alioski, Darko Churlinov, Arijan Ademi, Enis Bardhi, Boban Nikolov, Aleksandar Trajkovski, Milan Ristovski
Postingan Terkait
Leave a Comment