Indonesia Raih Perunggu Kalahkan Malaysia Lewat Penalti 4-3 Sea Games 2021

Hanoi – Tim nasional Indonesia U-23 vs Malaysia berjalan di persaingan perebutan perunggu SEA Game 2021. Tim Garuda Muda ditahan imbang 1-1 dan pertandingan berlanjut ke beradu penalti. Persaingan perebutan medali perunggu SEA Game 2021 di antara Indonesia kontra Malaysia berjalan di Stadion My Dinh, hari Minggu (22/5/2022). Di babak pertama, skor masih 0-0.

Pertandingan berjalan hebat kedua team bermain terbuka. Pada menit ke-69, tendangan Ronaldo Kwateh menjadi gol dan bawa Indonesia unggul 1-0. Malaysia imbangi posisi pada menit ke-80 melalui Muhammad Hadi. Skor habis 1-1. Pertandingan diteruskan ke babak beradu penalti.

Jalannya Laga Babak Pertama Indonesia Vs Malaysia

Pada awal babak pertama, Malaysia lebih dulu tampil menekan. Pada menit kedua, Muhammad Safwan melepas tembakan dari pojok sempit, tetapi bisa dihalau oleh penjaga gawang Ernando. Satu menit selanjutnya, Ronaldo Kwateh punyai kesempatan emas! Ronaldo bisa operan terobosan dari Witan dan lari ke kotak penalti Malaysia dari segi kanan yang tidak terkawal. Ia melepas tembakan, tetapi Rahadiazli masih mampu menghalaunya.

Tidak lama gantian Saddil Ramdani yang punyai kesempatan. Tendangan mencatatrnya dari segi kanan gawang Malaysia melebar tipis. Pada menit kelima, penjaga gawang Malaysia Rahadiazli kembali jatuh bangun. Witan yang gantian punyai kesempatan, tendangannya dari dekat sanggup dimentahkannya.

Malaysia giliran menggempur. Tembakan jarak jauh dari Mukhairi pada menit kesebelas masih membumbung tinggi. Kedua team bermain terbuka dan giliran menggempur. Permasalahan finising nampaknya tinggal menanti waktu. Malaysia punyai kesempatan pada menit ke-20. Tendangan jarak dekat Safwan dihalau Ernando yang keluar sarangnya.

Seterusnya, Malaysia lebih baik dalam kepenguasaan bola. Indonesia kebalikannya, coba gunakan keadaan serbuan balik dengan manfaatkan kecepatan Ronaldo dan Saddil. Malaysia sanggup lebih kuasai sepertiga akhir lapangan di bidang serang. Safwan bergerak dalam segi kiri dan sering melepaskan umpan beresiko dan Danial sanggup menarik barisan pertahanan yang dikomandoi Fachruddin.

Babak pertama habis, skor masih 0-0.

Jalannya Babak Kedua Indonesia Vs Malaysia

Di babak kedua, Malaysia langsung tekan. Pemain cadangan, Muhammad Hadi terlepas tendangan di luar kotak penalti dan masih melebar. Malaysia juga menukar tiga pemain di baris serang yaitu Luqman Hakim, Hairiey, dan Hadi. Pada menit ke-49, gantian Luqman Hakim yang menyerang di depan kotak penalti. Namun Ernando masih dengan mudah menangkap bidikannya.

Pemain tengah Azam giliran memberikan ancaman. Pemain tengah Malaysia ini tembak bola dari pojok sempit di muka gawang dan untung buat Indonesia, tendangannya masih ke samping tipis dari target. Pada menit ke-60, Indonesia baru catatkan kesempatan. Umpan ambil dari Saddil diterima Ronaldo langsung arahkan bola ke Klok yang lari ada berada di belakangnya. Tendangan mencatatrnya cuma berbuntut sepakan pelosok.

Dari sepak pojok itu, Rizky Ridho menanduk bola. Sayang, sang kulit bulat bisa disapu barisan pertahanan Malaysia. Lima menit selanjutnya, penjaga gawang Ernando kerjakan pengamanan cemerlang. Ernando mementahkan tendangan Azam dari dekat. Malaysia punyai kesempatan lagi. Syahir terlepas dari kawalan Klok dan sepakannya masih mengenai garis gawang.

Gol Pertama dari Indonesia

Ronaldo Kwateh membuat gol pertama untuk indonesia pada menit ke-68. Kondisinya, Marselino bermain satu dua dengan Jauhari. Nama paling akhir kirim operan terobosan buat Ronaldo yang lari di samping kanannya dan tanpa cela Ronaldo kirim bola membobol gawang Harimau Malaya.

Pada menit ke-71, Marc Klok jadi pelaksana eksekusi sepakan bebas. Tendangannya ke tiang dekat terukur, tetapi Rahadiazli menepiskannya. Pada menit ke-77, Luqman Hakim lari cepat menyerang di depan gawang disebelah kanan gawang Ernando. Asnawi ketinggalan, Ernando sanggup tolak tendangan keras Luqman Hakim.

Gol Penyeimbang dari Malaysia

Muhammad Hadi membuat gol penyeimbang Malaysia di menit ke-81. Hadi mendapatkan bola muntahan dari tendangan Syafiq. Bola berguling ke Hadi yang lalu melepaskan tembakan keras dari pojok sempit menusuk gawang Indonesia.

Pada menit ke-85, Luqman Hakim tidak terkawal. Ia mendapatkan operan mendatar, lalu terlepas tendangan first time tetapi tetap membumbung tinggi dari dalam kotak penalti. Dua menit selanjutnya, kapten Malaysia, Mukhairi giliran memberikan ancaman. Tendangannya dari segi kanan kotak penalti Indonesia melebar.

Pada menit ke-90, Muhammad Hadi kembali punyai kesempatan. Tendangan jarak dekatnya bisa diblok barisan belakang Indonesia dan berbuntut sepak pojok. Pada menit waktu perpanjangan, Marc Klok kerjakan pertaruhan dari tendangan pojok. Bola ke arah gawang, tetapi dapat dihalau Rahadiazli.

Skor Imbang dan berlanjut ke babak adu penalti.

Jalannya Babak Adu Penalti

Muhammad Hadi maju menjadi penendang pertama Malaysia. Tendangannya ke segi kanan gawang Indonesia, dihalau Ernando. Asnawi Mangkualam maju menjadi penendang pertama Indonesia. Bidikannya ke atas, terkena garis gawang.

Hairiey menjadi penendang kedua Malaysia. Tendangannya ke posisi kiri gawang, Ernando bergerak ke yang pas, sempat menepiskannya, tetapi bola terlampau keras dan masuk ke gawang. 1-0 Malaysia. Ridwan menjadi penendang kedua Indonesia. Tendangannya mulus prima ke sudut kiri Malaysia, Rahadiazli membacanya tetapi kurang cepat. 1-1 Skor sebentar.

Luqman Hakim menjadi penendang ketiga Malaysia. Namun, Ernando  berhasil mengentikan tendangannya di sebelah kanan gawang. Marselino menjadi penendang ketiga Indonesia. Tendangannya mengoceh Rahadiazli, bola masuk ke segi kanan gawang. 2-1 Indonesia pimpin.

Harith menjadi penendang keempat Malaysia. Tendangannya masuk ke kanan, Ernando salah baca bola. 2-2 Skor sebentar. Saddil menjadi penendang keempat Indonesia. Tendangan meliuknya masuk ke sudut kanan, Rahadiazli tidak mampu membendungnya. 3-2 Indonesia.

Mukhairi menjadi penendang kelima Malaysia. Tendangannya masuk ke sudut kiri, Ernando bergerak ke kebalikannya, Skor 3-3. Peluang paling akhir Indonesia dari Marc Klok, seandainya masuk karena itu Indonesia menang. Klok dengan tenang, lalu tembak bola ke sudut kanan gawang. Indonesia 4-3 menang.

Susunan Pemain Indonesia Vs Malaysia

Indonesia: E. Ari; A. Mangkualam, F. Aryanto, R. Ridho, A. Dewangga (R. Fahmi 86′); M. Ferdinan, M. Klok, S. Ramdani; W. Sulaeman, R. Kwateh, I. Jauhari (Ridwan 83′)

Malaysia: M. Rahadiazli, Q. Cheng, M. Azrin, H. Haiqal, M. Azam; M. Mukhairi, M. Nur, A. Zikri (L. Hakim 46′), M. Syahir (Hairiey 46′), M. Safwan; A. Danial (Hadi 46′).

Postingan Terkait
Leave a Comment