Fokus Ronaldo Memenangkan Portugal dan Pesan Semangat Kepada Rekan-Rekannya

Portugal akan menjalani babak semifinal playoff Piala Dunia 2022 melawan Tuki pada hari Jumat (25/3/2022) dini hari WIB. Hal ini, mungkin merupakan kesempatan terakhir bagi Cristiano Ronaldo dalam usahanya membawa Portugal menjadi juara dunia. Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, menebar pesan penuh motivasi untuk membakar semangat rekan-rekan setimnya jelang partai semifinal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Ronaldo sendiri kini sudah berusia 37 tahun. Ia sudah empat kali tampil dalam laga Piala Dunia, yakni pada tahun 2006, 2010, 2014, dan 2018. Namun, dari semua laga tersebut, capaian terbaiknya hanyalah membawa Portugal menjadi semifinalis pada tahun 2006.

Portugal Diambang Tidak Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022

Sedangkan saat ini, Portugal sedang terancam tak lolos. Pasalnya, Mereka dipaksa menjalani babak playoff setelah hanya finis pada posisi kedua di belakang Serbia pada kualifikasi grup A zona UEFA. Padahal, di grup tersebut, Selecao hanya berhadapan dengan dengan Republik Irlandia, Serbia, Azerbaijan, dan Luksemburg.

Portugal harus menjalani laga playoff karena dua hasil buruk yang diperoleh saat melawan Serbia. Pada laga pertama Portugal harus menerima hasil imbang 2-2 di Belgrade. Saat itu, gol Ronaldo dianulir oleh wasit. Hal itu murni karena kesalahan akibat tidak adanya Video Assistant Referee (VAR) pada laga tersebut.

Sedangkan pada laga kedua di Lisbon, Portugal harus menelan kekalahan dari Serbia 1-2. Kala itu, sebelum Portugal kalah dari Serbia, mereka memiliki poin sama dengan Serbia (17 poin) hanya unggul selisih gol. Tentu saja, Selecao hanya perlu hasil imbang untuk bisa lolos ke Qatar. Namun kekalahan tersebut membuat Portugal hanya finis di peringkat dua babak kualifikasi Grup A dan memaksa mereka harus menjalani partai play-off.

Baca Juga: Prediksi Skor Bola Portugal Vs Turki 25 Maret 2022 Kualifikasi Piala Dunia

Tentu saja, hasil tersebut membuat Ronaldo kecewa berat. Ia pun sempat mengungkit kembali gol dirinya yang dianulir oleh wasit pada pertemuan pertama. Namun semua sudah terjadi dan Portugal kini harus menjalani laga playoff untuk bisa lolos ke di Piala Dunia. Laga pertama dalam laga semifinal playoff, Portugal akan menghadapi Turki pada Jumat (25/3) dini hari WIB. Apabila mereka menang, Portugal akan berhadapan dengan pemenang antara Italia vs Makedonia Utara di final playoff pada 29 maret mendatang.

Cristiano Ronaldo sendiri saat ini tercatat sudah mengoleksi 184 caps dan 115 gol. Ronaldo mengatakan bahwa dia akan fokus sepenuhnya membantu Portugal lolos ke Piala Dunia 2022. Mengingat ini adalah kesempatan terakhir bagi Bintang Manchester United (MU) tersebut untuk bisa tampil lagi dalam Piala Dunia.

Pesan Semangat Membar Ronaldo Bagi Rekan-Rekannya

Ronaldo memberikan pesan semangat membara bagi rekan-rekannya untuk bertarung habis-habisan demi meraih tiket final playoff. Ronaldo juga menegaskan bahwa ia selalu bangga menjadi bagian dari tim Portugal. Perasaan bangga tersebut juga ditegaskan oleh Ronaldo melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya. Dalam unggahan tersebut, Ronaldo memamerkan dirinya sedang berlatih dengan skuad Portugal.

“Fokus total pada Piala Dunia 2022. Selalu bangga, untuk mewakili Portugal. Namun kami tahu bahwa jalannya tidak akan mudah,” tulis Ronaldo dalam caption unggahan tersebut.

“Kami sangat menghormati lawan yang akan kami hadapi dan mereka jugan memiliki tujuan yang sama dengan kami.”

“Namun bersama-sama, kami akan berjuang menempatkan Portugal di tempat yang semestinya. Mari, kita lakukan ini!” imbuh Cristiano Ronaldo.

Portugal Menghadapi Sejumlah Kendala Jelang Kontra Turki

Meskipun pada laga ini, Portugal bermain di kandang sendiri saat melawan Turki, Selecao bukannya tanpa sejumlah masalah. Rekan-rekan Ronaldo, Bernardo Silva, Diogo Jota, Bruno Fernandes, hingga Joao Felix memang dipastikan bisa tampil. Namun Pepe, Ruben Dias, Nelson Semedo, Renato Sanches, Joao Cancelo, dan Rúben Neves diperkirakan akan absen saat laga kontra Turki.

Juga ditambah dengan polling dari salah satu harian olahraga Portugal, A Bola yang menyebutkan bahwa hanya 63 persen suporter yang percaya bila mereka bisa mengalahkan Turki. Hasil negatif dari supporter yang muncul ini dikarenakan hasil-hasil yang diraih Portugal sepanjang 2021 lalu.

Memang sepanjang tahun lalu, Portugal terlihat mengalami kesulitan menang saat melawan tim-tim papan atas seperti Prancis, Jerman, Belgia, bahkan juga saat laga persahabatan melawan Spanyol. Namun secara statistik Peringkat FIFA, Turki memang berada di bawah Portugal, namun hal tersebut tidak membuat tenang para fans.

Hal ini wajar karena melihat performa dari skuad pelatih Fernando Santos pada November lalu meraih hasil tidak memuaskan saat ditahan imbang oleh Republik Irlandia dan takluk dari Serbia. Apabila Portugal mengalami kekalahan melawan Turki, maka Portugal harus menjadi penonton tahun ini. Dan Ronaldo mungkin juga harus pensiun tanpa pernah mencium trofi Piala Dunia sama sekali.

 

 

 

Postingan Terkait
Leave a Comment